Selasa, 04 Juni 2013

PERKEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI DARI MASA KE MASA

Perkembangan Media Komunikasi dari Masa ke Masa

Manusia dari sejak lahirnya sudah dapat berkomunikasi yaitu dengan cara menagis atau merengek rengek yang menandakan dia yaitu bayi terusik akan dunia luar yang dingin dan keadaan yang berbeda dari dalam rahim ibunya. Bayi mengangis karna merasa terusik dan ingin menyatakannya kepada orang lain dengan cara menagis dengan kencang. Lalu pada tahap selanjutnya manusia belajar untuk berbicara dengan bahasa yang mereka pelajari dari orang tuanya. Karna manusia makhluk peniru maka secara alamiah dia akan menirukan suara yang dianggapnya familiar seperti kata mama dan papa. Kemudian manusia apabila sudah belajar berbicara dia akan belajar menulis dengan huruf, angka dan simbol yang mereka kenal sejak lahir.Manusia selalu mengembangkan cara mereka menyampaikan pesan kepada manusia lain. Terdapat empat era dimana manusia berusaha terus mengembangkan cara penyampaian dan media penyampaian pesan.

Era pertama komunikasi tulisan
Pada era ini pertama kali manusia menulis menggunakan batu sebagai media komunikasi. Mereka menggambar di dinding-dinding gua, menggambar tentang kegiatan-kegiatan mereka di dinding-dinding gua. Kemudian manusia mulai beralih menggunakan media lain seperti menggunakan daun, serat kayu, dan media lainnya. Manusia juga mengembangkan alat tulisnya, pada awalnya manusia menggunakan alang-alang yang di olah sebagai alat tulis, lalu dengan bulu angsa juga dapat di gunakan sebagai media tulis dengan mencelupkan ke tinta sebelum menulis, kemudian berganti dengan pena besi baja yang konversional yang kita sering lihat di film dahulu pada jaman dahulu hanya orang orang kebangsawanan dan penting saja yang memiliki alat tulis ini karna harganya sangat mahal dan sampai sekarang beralih menggunakan ballpoint pena yang menggunakan tinta dan bola di ujung pointer besi yang mengeluarkan tinta sedikit demi sedikt yang kita pakai sekarang.

Era kedua komunikasi cetak
Pada era kedua manusia mulai mencoba memperbanyak hasil tulisan mereka yang kita kenal dengan media cetak. Pada sejarahnya alat pencetak pertama di temukan oleh Guternberg untuk memperbanyak/menccetak injil. Lalu pada tahun 1833 mesin cetak masal mulai di gunakan oleh New York sun yang di gunakan secara besar besaran dan pada tahun 1839 fotografi mulai di masukan pada percetakan sebagai ilustrasi di bacaan masal tersebut. Pada jaman dahulu sebelum media cetak marak perkembangan informasi sangat lambat karna peredaran buku-buku sangat langka karna pada jaman dahulu buku itu di tulis dengan manual maka untuk memperbanyaknya sangat sulit selain dengan cara menyalin buku tersebut. Pada saat sekarang teknologi berkembang pesat dan manusia menciptaka teknologi mesin pencetak yang lebih efisien dan dapat menghasilkan banyak cetakan. Alat pencetak bukan hanya di miliki Percetakan tetapi juga masyarakat dapat memilikinya seperti printer, mesin foto copy dan lain-lain.

Pada era ketiga komunikasi Telekomunikasi
Era  komunikasi Telekomunikasi pada era ini manusia berkembang menemukan cara/media lain untuk berkomunikasi. Pada awalnya di temukan telegraph yaitu menyampaikan pesan menggunakan kode-kode sandi. Lalu di temukan pula telefon pada 1878 yang dapat menyampaikan suara melalui gelombang listrik yang menggunakan kabel sebagai media penyalurnya. Setelah telefon manusia mengembangkan radio dengan menggunakan signal/sinyal manusia dapat saling berkomunikasi tanpa menggunakan kabel. Menggunakan udara sebagai medium frekuensi sebagai perantara suara. Televisi  juga menggunakan frekuensi yang mirip dengan radio tapi televisi dapat menampilkan gambar dan suara yang dinamis. Kemudian pada tahun 1986 di sebut sebut sebagai awal mulanya internet. Pada awalnya internet di gunakan di kalangan elite militer amerika untuk kepentingan pasukan milternya yang menghubungkan antara pangkalan dengan pangkalan lainnya yang berisikan data data dalam medan perang yang di sebarkan keseluruh peleton. Yang kita kenal dengan internet sekarang ini adalah hasil pengembangan dari teknologi militer yang di gunakan untuk alat komunikasi perang yang menghubungkan kita dengan dunia luas.

Pada era keempat komunikasi Interaktif
Era komunikasi Intraktif pada tahun 1971 di ciptakan sebuah mainframe komputer pertama yang di sebut ENIAC dengan ukuran yang sebesar ruangan tamu penuh dengan jumlah 18.000 ruang hampa udara yaitu cikal bakal komputer yang kita gunakan sekarang ini yang sudah menggunakan teknologi micro chip bahkan nano chip yang ukurannya jauh lebih sangat kecil di bandingkan ENIAC. NASA menggunakan mini komputer yang berukuran 2 x 1,5 feet yang berarti 3000x lebih kecil di banding ENIAC. Pada penggunaannya sehari hari kita menggunakan teknologi microprosesor ini pada alat alat yang bekerja menggantikan tugas manusia dan melakukan interaksi dengan manusia. Contohnya alat kartu magnetik menggantikan penjaga pintu atau tukang parkir, penjawab telefon otomatis misalnya menggantikan pekerjaan pengankat telefon dengan membuat program automatisisasi menjawab dengan menekan tombol tombol yang di sediakan, dan yang paling berpengaruh adalah internet karna internet dapat memberikan semua kecanggihan dan fiture teknologi yang ada saat ini dengan menyediakan hardware yang menduukung kemampuannya pula.Contohnya kita dapat bertelefon menggunakan internet dengan syarat kita harus memiliki micropone untuk pengantar/input suara. Kita pun dengan menggunakan teknologi ini sebagai alat komunikasi yang lebih efisien dalam berkomunikasi kecanggihan teknologi ini dapat mempermudah kita.

Kesimpulannya manusia menggunakan kemampuan intelektualnya untuk menggunakan media yang ada untuk kepentingan berkomunikasi dalam kehidupan sehari harinya. Manusia akan terus mengembangkan cara berkomunikasinya bahkan dengan menggunkan telepati yaitu komunikasi tanpa perlu berbicara dengan hanya memikirkannya anda dapat berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar